Sabtu, 17 Desember 2011

PANGANDARAN SESSION

Weekend kali ini Aku dan beberapa teman ber-travelling ke Pangandaran Kabupaten Ciamis propinsi Jawa Barat yang berjarak ± 400 Km arah selatan dari Jakarta. Berbekal informasi dari Mr. Google dan rekomendasi teman,  Aku dan teman-teman membuat schedule tentang acara dan tempat yang akan dikunjungi.

Berangkat jumat malam jam 12.00 wib, dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam. Sabtu pagi Kami tiba di pantai pangandaran.

Ini adalah kali pertama aku mengunjungi pantai Pangandaran. Kalau di liat-liat sih suasana pantai mirip dengan pantai Kuta Bali (tapi masih bagus Kuta..hehe), dimana di sepanjang pantai banyak hotel, homestay,  rumah makan dan WC/KM umum (tarif 2 ribu) .
Di pagi hari terlihat sudah banyak wisatawan di pantai, dari mulai berenang, naik banana boat , naik perahu , ataupun hanya duduk-duduk dan sarapan pagi di warung-warung kecil yang banyak berjejeran tidak jauh dari bibir pantai (menurutku mungkin ini yang membuat pemandangan sekitar pantai kurang menarik..hehe.)
Inilah tempat dan kegiatan yang telah Kami nikmati selama menjelajahi Pangandaran selama 2 hari : 


1. Bersnorkeling di pantai Pasir Putih Pangandaran




Pantai Pasir Putih dapat dijangkau dengan menyewa perahu dari pantai pangandaran selama ± 15 menit . Tarif yang ditawarkan 10 ribu per orang (itu tarif pagi hari lho..). Suasana pantai lebih nyaman dan bersih dibandingkan dengan pantai Pangandaran dan tentunya dengan hamparan pasir putih dan ombak yang lebih tenang. Dan lokasi pantai ternyata menjadi satu dengan Taman Wisata Alam (jadi jangan kaget kalo banyak monyet berkeliaran di sepanjang pantai).
Begitu turun dari perahu, Kami langsung menyewa alat snorkeling plus pelampung (harga sewa 30 ribu dengan waktu sewa sepuasnya hehe..).


Kami sangat menikmati keindahan underwater  di sini.  Kita dapat melihat terumbu karang dan berbagai ikan dengan berbagai macam warna dan jenis (walaupun Aku tidak tahu nama nama ikan itu hehe..)
Tips : Snorkeling sebaiknya dilakukan di pagi hari. Selain cuaca tidak terlalu panas, air laut juga masih jernih, dan jumlah pengunjung juga masih sedikit, sehingga Kita masih bisa bebas menyelam dengan tenang dengan waktu yang lama.  





 2. Menikmati Sunrise ,Sunset, dan Seafood di Pantai Batu Karas










Lokasi Pantai Batu Karas dapat ditempuh dengan waktu 30 menit dari pantai Pangandaran. Pantai Batu Karas terkenal dengan ombaknya yang menjadi salah satu favorit para penggila surfing. Di pinggir pantai sudah banyak berdiri hotel- hotel bagus dan banyak homestay yang disewakan oleh penduduk sekitar yang jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan utama ke pantai.
Keindahan alam yang dapat dinikmati di sini adalah sunrise dan sunset . Dan makanan seafood tersedia di setiap rumah makan di sekitar pantai dengan harga yang terjangkau (kurang lebih 200 ribu untuk 8 orang)


3. Serunya Water Advanture di Green Canyon



Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Green Canyon ketika di Pengandaran. Kegiatan seru dimulai dengan naik perahu menyusuri sungai menuju gua dimana kiri kanan terpampang pemandangan yang menakjubkan. Dan ketika di dalam gua, kita pun bisa melanjutkan petualangan dengan menyewa guide untuk naik ke arah hulu dengan menyeberangi sungai didalam gua (dipandu guide dengan bantuan tali-tali ).
 Dan hal yang perlu dicoba adalah terjun dari ketinggian 5 m dari atas batu yang ada didalam gua (dijamin stress langsung bablas…hehe).


Tips :
1.     Sebaiknya datang lebih pagi (jam 7-8 pagi), agar tidak antri panjang dan bisa mendapatkan suasana yang masih sepi. Sehingga ketika Kita menyewa guide, mereka bisa lebih focus melayani (Jika kondisi rame, mereka terkesan buru-buru).
2.    Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan petualangan dan saat seru menyusuri gua. (Kita bisa minta bantuan guide untuk memotret. Guide sudah menyediakan Airbag untuk  kamera yang bukan waterproof).
3.    Harga sewa guide untuk satu perahu kurabg lebih 75-150 ribu (tergantung kondisi air ).






...Ternyata liburan dalam negri sangat menyenangkan. Selain biaya murah, Kita dapat lebih mengenal dan mencintai alam Indonesia.

.. I Love Indonesia  :).......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar