Jumat, 02 Desember 2011

Jakarta – Batam – Tanjung Balai Karimun

Untuk pertama kali Aku mengunjungi Tanjung Balai Karimun , pulau yang masuk dalam Propinsi Kepulauan Riau. Perjalanan ini berkaitan dengan tugas kantor Aku sebagai seorang civil engineer.
Diawali dengan penerbangan pertama. 06.30 pagi dari  bandara Soekarno-hatta menuju bandara Hang Nadim Batam dengan waktu tempuh 1 jam 45 menit. Keluar dari bandara langsung naik taxi menuju pelabuhan Sekupang dengan tarif  90 ribu  (ini tarif tanpa argo lho..ternyata disini semua taxi sudah ada tarif sesuai dengan lokasi tujuan).
Dalam perjalanan menuju pelabuhan, menurut Aku  secara geografis sih tanah di Batam berbukit bukit dan sedikit gersang, dan disana banyak lahan yang baru  dibuka untuk pertokoan dan akses jalan cukup lebar dan tidak macet. Setelah 30 menit perjalanan akhirnya Aku tiba  di pelabuhan Sekupang. Turun dari taxi kita langsung disambut oleh teriakan-teriakan para penjaga loket-loket yang berjajar di kiri kanan pintu masuk  menawarkan tiket kapal  (tip : ngak usah takut, langsung aja menuju tiket terdekat ..karena semua loket  akan menawarkan tiket dan harga yang sama untuk kapal yang siap berangkat ). Harga tiket Sekupang-Tanjung Balai Karimun sekitar  65-70 ribu ditambah pajak masuk 5 ribu. Lama perjalanan dengan kapal ferry sekitar 1 jam 30 menit.

·      Tanjung Balai Karimun
Tanjung Balai karimun ternyata padat dan maju (hehe karena dalam bayanganku pulau di indonesia pasti sepi..).Akses pelabuhan dekat dengan jalan utama, banyak hotel, banyak pertokoan dan tempat makan. Dan yang sedikit heran hampir semua mobil-mobil di sini produksi diatas tahun 90- an lho (wah berarti pendapatan ekonomi penduduknya lumayan tinggi ya).
Oh ya disini ada makanan khas yaitu gonggong, sejenis hewan siput yang besar yang makannya menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan dari cakangnya trus dicocolkan ke sambal. Konon hewan laut ini hanya ada laut di kepulauan riau..(Jadi jangan lewatkan mencicipnya..rasanya le,but dan kenyal).
Selama 2 hari Aku berada di Tanjung Balai Karimun, dan  sudah mengelilingi hampir semua sudut pulau. Pembangunan disini cukup besar, salah satunya adalah berdirinya suatu gedung rumah sakit yang cukup besar dan stadion olah raga dengan desain arsitek modern dan juga dibukanya jalan-jalan baru yang cukup lebar. Di sini penduduknya adalah sebagian besar adalah etnis melayu dan cin. Bahasa mereka sehari hari adalah melayu. Kalau kita keluar dari pelabuhan maka akan melewati jalan-jalan kecil dengan kanan kiri pertokoan yang mungkin dulunya adalah pertokoan cina ,karena ada beberapa klenteng yang cukup besar berdiri di sana.

·      Nagoya Hill - Batam
" Jangan lupa shopping kalau  ke Batam " saran beberapa teman. Akupun mulai searching  di internet  tempat yang bagus untuk berbelanja. Nagoya hill  adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi. Karena penerbangan ke jakarta jam 6 malam, jadi siangnya Aku sempatkan mengunjungi Nagoya Hill. Dari pelabuhan Sekupang Batam Aku naik taxi ke Nagoya hill dengan tarif  60 ribu selama kurang lebih 30 menit (di pangkalan taxi sudah ada daftar harga sesuai dengan tempat  tujuan ). Nagoya hill ternyata adalah komplek pertokoan yang lumayan besar , paling banyak dijual adalah barang barang elektronik dan hp. Didalam komplek ada Nagoya Plasa..nah katanya disini dijual barang-barang fashion yang murah (tas branded dan parfum). Suasana di dalam plasa sih ngak jauh beda dengan ITC di  jakarta. Lantai dasar ada supermarket besar, di lantai 1 dan 2 banyak toko-toko baju, tas, dan parfum. Menurutku harga-harga yang ditawarkan ngak jauh beda dengan harga Jakarta (tip : sebelum membeli barang yang diinginkan, sebaiknya Kita sudah mengetahui harganya di Jakarta, agar kita bisa menawar dengan harga murah ). Dan disini ada banyak barang dan souvenir dari Singapore dan Malaysia (jadi kalo lagi travelling  di Singapore atau Malaysia, oleh-oleh bisa dibeli di batam..hehe..harga sedikit lebih murah).
Setelah 2 jam berkeliling, akhirnya  Aku  menuju bandara  naik taxi dari Nagoya dengan tarif 60-80 ribu.

..Ehmmm rasanya belum puas jalan-jalan di Batam.Banyak tempat belanja dan tempat wisata yang harus dikunjungi. Semoga Aku bisa datang lagi ke Batam dan pasti dengan persiapan yang lebih baik (informasi dan  uang..hehe..I hope so..)...